Pengertian "LEAN" Prinsip manajemen dalam THE TOYOTA AWAY
http://guglos.blogspot.com/2016/06/pengertian-lean-prinsip-manajemen-dalam.html
Secara singkat LEAN adalah memaksimalkan nilai pelanggan dan meminimalkan limbah. Cukup, berarti
ramping menciptakan nilai lebih bagi pelanggan dengan sumber daya yang lebih
sedikit.
Sebuah
organisasi yang ramping memahami nilai pelanggan dan berfokus proses kunci
untuk terus meningkatkannya. Tujuan utamanya adalah untuk memberikan nilai
sempurna untuk pelanggan melalui proses penciptaan nilai sempurna yang memiliki
zero waste.
Conventional = Pemotongan Biaya (Cost Cutting)
World
Class = Keluarkan waste dan inventori dari sistem atau supply chain
“Lean
Production is … a way to do more and more with less and less….”
--
Lean Thinking Womack, Jones –
LEAN THINKING
Perubahan
Fokus
Dari memaksimalkan penggunaan
kapasitas mesin dan tenaga kerja menjadi…Hanya menjalankan rangkaian aktivitas
yang memberi nilai tambah
LEAN PRODUCTION
Definisi
Suatu pendekatan yang sistematis untuk
mengidentifikasi dan mengeliminasi pemborosan (waste) melalui peningkatan
terus-menerus dengan membuat produk mengalir yang ditarik oleh pelanggan untuk
mencapai kesempurnaan
LEAN PRODUCTION
Nama Lain
·
Just-in-time
Production
·
Stockless
Production
·
Synchronized
Production
·
One
Piece Flow Production
·
Toyota
Production
THE TOYOTA WAY
Using
Operational Excellence as a Strategic Weapon
PHILOSOPHY
Long Term Thinking Base management decisions on a long term philosophy, even at the expense of short term financial goals
Long Term Thinking Base management decisions on a long term philosophy, even at the expense of short term financial goals
Keputusan
manajemen diambil berdasarkan pemikiran jangka panjang, bila perlu mengorbankan
sasaran keuangan jangka pendek
“The most important
factors for success are patience, a focus on long term rather than short term
result, reinvestment in people, product, and plant, and an unforgiving
commitment to quality.”
Robert B. McCurry,
Former Executive V.P
Toyota Motor Sales
LONG-TERM THINKING
Dasar Pemikiran
Dasar Pemikiran
1.
Bekerja,
tumbuh kembangkan dan selaraskan seluruh organisasi pada tujuan bersama yang
lebih besar dari sekedar mencari uang.
2.
Ciptakan
sesuatu yang brnilai bagi pelanggan,ekonomi dan masyarakat secara keseluruhan
3.
Kembangkan
rasa saling percaya dengan karyawan
4.
Jangan
sampai keputusan bisnis mengganggu rasa saling percaya dan saling hormat
ELIMINATE WASTE
1.
Ciptakan
proses yang mengalir untuk mengungkapkan masalah
2.
Gunakan
sistem tarik untuk menghindari produksi berlebih
3.
Ratakan beban kerja (heijunka)
4.
Hentikan
proses, bila terjadi masalah mutu (jidoka)
5.
Standarisasi pekrjaan untuk peningkatan berkesinambungan (kaizen)
6.
Gunakan
alat peraga visual sehingga tidak ada masalah yang tersembunyi
7.
Gunakan
hanya teknologi yang handal dan teruji
PEOPLE AND PARTNERS
- Respect, Challenge, and Grow Them -
- Respect, Challenge, and Grow Them -
1.
Kembangkan
pemimpin yang memahami benar pekerjaannya, hidup dalam filsafah perusahaan dan
mengajarkannya pada orang lain
2.
Kembangkan
individu dan tim yang luar biasa yang mengikuti falsafah perusahaan
3.
Beri
respek pada partner dan supplier dengan memberi tantangan dan membantu mereka
dalam melakukan peningkatan
PROBLEM SOLVING
- Continous Improvement and Learning -
- Continous Improvement and Learning -
1.
Datang
dan lihat sendiri (gemba) untuk memahami situasi dengan seksama (genchi
genbutsu)
2.
Buat keputusan berdasarkan konsensus, perhitungkan
matang-matang semua alternatif; implementasikan dengan cepat (newamashi)
3.
Bangun ‘learning organization’ melalui refleksi mendalam (hansei)
dan peningkatan berkesinambungan (kaizen)
“Observe the
production floor without preconceptions and with a blank mind. Repeat “why”
five times to every matter.”
“Observasi
lapangan tanpa memiliki praduga apapun. Ulangi ‘mengapa” lima kali untuk setiap
permasalahan”
Taiichi Ohno
GENCHI
GENBUTSU
Dasar Pemikiran
Dasar Pemikiran
1.
Selesaikan
masalah dan perbaiki proses kerja dengan datang ke tempat kejadiannya dan lakukan observasi di lapangan dan
verifikasi data sendiri
2.
Jangan
berteori berdasarkan apa dilaporkan orang lain atau yang ada di komputer
3.
Berpikir
dan berbicara berdasarkan data yang telah diverifikasi sendiri
4.
Top
dan Senior Management juga harus datang dan melihat sendiri, sehingga mereka
tidak hanya memahami permasalahan pada permukaannya saja
NEWAMASHI
Dasar Pemikiran
Dasar Pemikiran
1.
Proses
untuk mendiskusikan masalah dan kemungkinan jalan keluarnya dengan semua pihak
yang terkena dampaknya, dengan tujuan untuk mengumpulkan ide-ide perbaikan dan
mendapatkan kesepakatan arah penyelesaiannya.
2.
Proses
pencapaian konsensus ini yang meskipun membutuhkan waktu panjang, tetapi
memperluas pencarian solusi dan sekali keputusan diambil, implementasi akan
menjadi cepat.
HANSEI
- Responsibility, Self-reliance and Organization Learning -
- Responsibility, Self-reliance and Organization Learning -
1.
Hansei artinya….bila Anda melakukan kesalahan,
pertama-tama Anda harus merasa sedih yang mendalam. Kemudian Anda harus
menyusun rencana untuk menyelesaikan masalah itu dan secara jujur berjanji
tidak akan melakukan kesalahan yang sama lagi.
2.
Hansei merupakan refleksi yang mendalam. Dibutuhkan
kejujuran terhadap kelemahan diri sendiri.
3.
Bila
kita membicarakan kekuatan kita, maka kita mengumbar kesombongan. Bila kita
mengenali kelemahan kita dengan tulus, itu merupakan kekuatan yang lebih tinggi
lagi
4.
Tanpa
hansei, tidak mungkin melakukan kaizen. Hansei merupakan “jiwa’ dari
kaizen
Terimakasih atas kunjungannya dan jangan lupa koment yaaa